Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengna kompensasi biaya tertentu. Pada dasarnya iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pembuat iklan
Berikut ini disajikan definisi iklan menurut para ahli:
Kotler “Periklanan merupakan bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu spomsor tertentu yang memerlukan pembayaran.” dan PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) “Periklanan adalah segala betuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa dan ditujukan untuk sebagian atau seluruh masyarakat.”
Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa periklanan (periklanan) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.
Periklanan merupakan salah satu media promosi dalam dunia bisnis ritel atau pemasaran, pemasaran yaitu kegiatan dalam mempromosikan suatu barang atau jasa.
![]() |
Tugas Kelompok 1 Mind Mapping |
Tetapi tidak hanya cukup mempromosikan, tetapi pemasaran itu sendiri diartikan bahwa bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Iklan sendiri bukan hanya dari tv tetapi bisa di koran, radio, kampanye pejualan langsung, dan sebagainya. Saat ini dunia bisnis ritel berlangsung dalam suatu iklim persaingan yang kompetitif.
Untuk memenangkan persaingan yang kompetitif tersebut, perusahaan dituntut untuk terus-menerus melakukan perbaikan-perbaikan, penyempurnaan, bahkan terobosan-terobosan baru untuk produk dan layanannya.
Selain itu, peran strategi promosi sangat penting dijalankan suatu perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup bisnisnya serta dapat unggul dari setiap pesaing yang ada.
Salah satu strategi promosi yang dapat diterapkan oleh suatu perusahaan yaitu dengan menggunnakan periklanan.
Tren periklanan kini mengalami perkembangan seiring berkembanganya teknologi komunikasi. Stratgei periklanan konvensional menggunakan media cetak seperti korab, majalah, media luar ruang, door to door sudah mulai dikurangi dan bahkan ditinggalkan oleh pemasar/pelaku bisnis.
Salah satu alasan utamanya adalah menyesuaikan perkembangan lingkungan di mana saat ini telah memasuki era layar sentuh. Perusahaan tentu saja akan tertinggal apabila tidak berinovasi dan mengikuti perkembangan lingkungan.