Tujuan periklanan
Tujuan periklanan secara umum meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Menginformasikan (informing) yaitu berkaitan dengan memberitahukan kepada konsumen mengenai produk, harga, cara kerja produk, kegunaan, manfaat dan membangun citra perusahaan.
- Membujuk pelanggan (persuading) yaitu berkaitan dengan mengubah persepsi pelanggan terhadap produk.
- Mengingatkan (reminding) yaitu berkaitan dengan bagaimana perusahaan dalam menjaga pemikiran konsumen untuk memilih produk dari perusahaan tersebut.
Manfaat Periklanan
Manfaat periklanan bagi penjualan perusahaan sebagai berikut:
- Sebagai pembuka pintu bagi pembeli Periklanan berguna bagi pembuka jalan bagi sales executive untuk mendapatkan calon pembeli.
- Mempererat hubungan antara penjual dan calon pembeli Ini terjadi apabila calon pembeli sudah berkomitmen untuk membeli suatu produk yang diiklankan.
- Pengambilan keputusan pembelian untuk barang modal dengan teknologi tinggi dan berharga mahal biasanya membuthkan waktu yang lama.
- Selam proses pengambilan keputusan pembelian, manajer penjualan, bagian produksi, dan sales executive harus berkali-kali mengunjungi calon pembeli.
- Meningkatkan hubungan dengan pelanggan Iklan yang menampilkan macam variasi produk dapat memberikan informasi terlebih dahulu kepada pelanggan.
- Dengan dukungan iklan yang tepat, perusahaan dapat menjual banyakkepada pelanggan dan sekaligus mengaktifkan pelanggan pasif.
![]() |
Kelompok 4 Mind Mapping |
- Presentasi publik
Merupakan cara komunikasi yang bersifat umum. Dengan cara ini, pembeli mengetahui bahwa motif mereka untuk membeli produk tersebut akan dipahami secara umum. - Daya serap tinggi
Daya serap tinggi memungkinkan penjual untuk mengulang suatu pesan berkali-kali. Iklan berskala besar yang dilakukan oleh penju menunjukkan sisi positif tentang kekuatan dan keberhasilan penjual (seller) produk yang bersangkutan. - Memperkuat ekspresi
Iklan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menunjukkan kelebihan produk melalui penggunaan media cetak, suara, dan warna. Namun, cara ini harus dilakukan dalam proporsi yang seimbang agar perhatian pembeli tidak teralihkan dari pesan yang ingin disampaikan. - Tidak bersifat pribadi
Periklanan adalah alat membujuk yang bersifat umum. Oleh sebab itu, audience tidak merasa perlu menaruh perhatian. Komunikasi berlangsung satu arah da bersifat tidak memaksa.