Syarat,Tipe Dan Media Iklan Dalam Bisnis Ritel

Syarat,Tipe Dan Media Iklan Dalam Bisnis Ritel

Syarat-syarat periklanan (periklanan)

Syarat-syarat periklanan yaitu: 
  1. Pilihan kata yang digunakan harus tepat, menarik, sopan, dan logis.
  2. Ungkapan dan majas yang digunakan harus memikat dan sugestif. 
  3. Disusun secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang penting.
  4. Iklan harus dibuat secara objektif dan jujur. 
  5. Iklan harus dibuat dengan singkat dan jelas. 
  6. Tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain.
  7. Menarik perhatian banyak orang.

Tipe-tipe Periklanan 

Menurut Buchari Alma (2000: 1135), terdapat enam tipe periklanan yaitu sebgai berikut: 
  1. Price periklanan yaitu advertisisng yang menonjolkan harga yang menarik
  2. Brand periklanan yaitu periklanan yang memberikan kesan atas nama brand kepada pembaca atau pendengarnya
  3. Quality periklanan yaitu periklanan yang mencoba menciptakan kesan bahwa produk yang diiklankan memiliki mutu tinggi
  4. Product periklanan yaitu periklanan yang bebrusaha mempengaruhi konsumen dengan menonjolkan manfaat dari pemakaian suatu produk
  5. Insttutional periklanan yaitu periklanan yang menonjolkan nama dari perusahaan dengna harapan agar konsumen mempunyai kesan mendalam tentang nama perusahaan tersebut seklaigus menjadi jaminan mutu 
  6. Prestige periklanan yaitu periklanan yang berusagha memberikan fashion pada suatu produk atau mendorong masyarakat mengasosiasikan produk tersebut dengan kekayaan atau kedudukan


Media Iklan

Media iklan adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyebar luasaa pesan-pesan iklan. Pada prinsipnya bentuk fisik dibagi menjadi dua, yaitu media cetak dan elektronik. 

Media cetak 

Media cetak adlaah mesia statis yang mengutamanakan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan. 
  1. Surat kabar
    Merupakan salah satu media periklanan yang bisa digunakan untuk emperkenalkan penjualan barang ritel. Kelebihannya adalah tepat waktu, jangkauannya luas, sangat dipercaya, dan fleksibel. Kekurangannya adalah jangka waktunya pendek dan penerus ke audience kecil. 
  2. Majalah
    Majalah sering digunakan untuk memasarkan produk ritel dan usaha ritel dengan gambar dan desain yang menarik. Kebelihannya adalah memiliki jangka waktu panjang, mutu reproduksi tinggi, mempunyai kredibilitas dan gengsi, serta pilihan demografis dan geografisnya tinggi. Kekurangannya adlah terdapat kemungkinan peredarannya menjadi sia-sia jika tidak ada jaminan posisi produk. 
  3. Brosur Kelebihannya adalah memiliki kelenturan yang sangat tinggi, sangat terkendali, peluang interaktif, dan biaaya relatif murah. Kelemahannya adalah produksi yang berlebihan dapat menyebabkan pemborosan biaya, pembeli malas membaca isi brosur. 
  4. Tabloid
    Tabloid merupakan media yang paling banyak dipakai untuk periklanan ritel. 


Media elektronik

Media elektronik adalah media iklan yang proses kerjanya didasari oleh prinsip elektronik dan elektromagnetik.

Radio 
Jenis iklan radio terdiri atas hal-hal sebagai berikut : 
  1. Ad lib, yaitu iklan disampaikan langsung oleh peniar dalam siaran perkataan yang biasanya tidak lebih dari satu menit 
  2. Spot, yaitu iklan disampaikan melalui rekaman yang telah direkam sebelumnya. Durasi berlangsung antara 15-60 detik
  3. Sponsor program, yaitu pemberian waktu khusus kepada sponsor untuk menyampaikan pesan dengan cara membiayai suatu program acara radio. 
Televisi Iklan 
televisi dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu : 
  1.  Live action, yaitu video klip iklan yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersamaan. 
  2. Animation, yaitu iklan yang dibangun berdasarkan gambar- gambar kartun, baik yang digambar menggunakan tangan maupun komputer.
  3. Stop action, yaitu iklan televisi yang memadukan live action dan teknik animasi sehingga memberikan efek dramatis.
  4. Musik, yaitu iklan televisi yang disampaikan melalui musik. 
  5. Superimposed, yaitu iklan televisi yang diperlihatkan di atas gambar lain. 
  6. Sponsor program, yaitu iklan televisi yang muncul di suatu program televisi.
  7. Running text, yaitu iklan televisi yang memperlihatkan pesan ditampilkan secara perlahan dari layar sebelah kanan lalu menghilang disebelah kiri. 
  8. Caption, yaitu iklan televisi yang menyerupai superimposed, hanya saja pesan yang digunakan berupa tulisan. 
  9. Backdrop, yaitu iklan televisi yang memperlihatkan pesan iklan ditampilan pada latar belakang acara yang diadakan. 
  10. Credit title, yaitu iklan televisi yang memperlihatkan pesan iklan ditampilkan pada bagian akhi ketika acara selesai. 
  11. Ad lip, yaitu iklan televisi di mana pesan iklan diucapkan oleh penyiar secara langsung di suatu program acara. 
  12. Property endorsment, yaitu iklan yang berbentuk dukungan sponsor yang diperlihatkan pada bagian hal yang digunakan sebagai kelengkapan property siaran atau yng digunakan oleh artis atau penyiar (soft campaign) 
  13. Promo ad, yaitu iklan yang dilakukan oleh pengelola televisi untuk mempromosikan acara-acara dengan harapan pemirsa tertarik menonton acara yang ditayangkan.
Iklan film 
Iklan film hadir dalam produk film atau sinema. Biasanya iklan ditampilkan sebelum film diputar. Iklan biasanya berupa property endorsment dan live action 
Internet
Jenis iklan melalui media internet adalah sebagai berikut: 
  1. Website, yaitu situs yang secara keseluruhan memuat iklan.
  2. Banner dan tombol, banner yang dimasukkan adalah berupa billboard mini yang tersebar pada satu halaman web. Adapun button atau tombol seringkali berupa ikon kecil yang apabila diklik langsung terarah padaa situs iklan atau halaman baru. 
  3. Sponsorship, pada iklan ini sponsor membiayai penuh seluruh halaman dari pembuatan situs. 
  4. Search engine marketing, yaitu iklanyang muncul pada saat seorang menggunakan search engine berupa hasil pencarian 
  5. Clssifield ads, yaitu iklan serupa seperti yang ada dalam koran, berbentuk baris, dan biasanya garis.
  6. Email periklanan, yaitu iklan yang dikirimi melalui email kepada konsumen yang memang memintanya.
Media iklan luar ruangan (outdoor periklanan)
  1. Iklan outdoor standar Iklan ini berupa balihobesar dengan berbagai ukuran. 
  2. Iklan transit Meliputi iklan pada bus, taksi, terminal, stasiun, dan sebagainya. 
  3. Bilboard Iklan luar yang berbentuk seperti poster, tetapi memiliki ukuran yang cukup besar dan dipasang di tempat-tempat keramaian, seperti pasar, terminal, stasiun, dan jalan raya 
  4. Display Yaitu iklan yang terdapat pada layar-layar di luar ruangan.
Lebih baru Lebih lama