Pengertian Profil Pekerjaan / Profesi Dalam Bidang Pemasaran

https://designer.microsoft.com

Pengertian Profil Pekerjaan / Profesi Dalam Bidang Pemasaran 

Ada banyak pekerjaan yang bisa kita jumpai di dunia kerja, pekerjaan umumnya membutuhkan keterampilan khusus dan memiliki pelatihan untuk mendukung pekerjaan mereka yang disebut sebagai profesi. Selain itu, profesi dapat diartikan sebagai aktivitas yang hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang. Kata “profesi” diadaptasi dari bahasa Inggris “proffesion” yang artinya, “profesi” yang diserap dari kata latin “professus” yang berarti kompeten atau ahli dalam bidang tertentu .

Secara umum profesi dapat diartikan sebagai pekerjaan yang memerlukan pengetahuan atau keterampilan khusus, sehingga orang yang memiliki pekerjaan perlu membunuh untuk melakukan pekerjaan itu dengan baik. Orang yang bekerja di bidang tertentu biasanya disebut profesional yakni seseorang dengan pengalaman teknis di bidang tertentu. Misalnya, dokter, arsitek, pengacara, akuntan, personel militer, perancang, dll.

Dalam bidang industri profesi pemasaran dianggap sangat penting, hal ini di arena kan apabila perusahaan tidak memiliki karyawan pemasaran, perusahaan akan bangkrut secara perlahan. Dengan demikian hampir di berbagai bidang industri memerlukan pemasaran sebagai dukungan pemasarannya.

Jenis-jenis Profil Pekerjaan / Profesi di Bidang Pemasaran

Kasir 

Gambar 1. Kasir

Kasir merupakan pekerjaan yang dibuat pada penanganan uang tunai Dalam toko, menelusuri barang melalui mesin yang disebut perangkat kasir bahwa konsumen ingin membeli di toko ritel di bisnis non-ritel, kemudian Melayani pembayaran konsumen dengan menggunakan uang pengganti (seperti cek, kartu kredit , kartu debit .Profesi ini dapat kamu jumpai di ko retail modern, atau swalayan yang memang sudah menggunakan teknologi kasir sebagai alat transaksi pembayarannya. Contohnya seperti kasir alfamart, kasir indomaret, dan kasir retail modern maupun konvensional lainnya.

Secara umum seorang yang bertugas sebagai kasir memiliki tugas utama yaitu m energi pembayaran, menangani tagihan pembayaran, membungkus belanjaan dan memfasilitasi transaksi yang berlangsung baik dengan e-money, kartu kredit atau debit, maupun uang tunai. Sedangkan tanggung jawab seoarng kasir ialah, sebagai berikut:garis proses penjualan dan pembayaran
  • Melakukan pencatatan atas semua transaksi
  • Membantu konsumen dalam memberikan informasi mengenai suatu produk
  • proses melakukan transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusan
  • Melakukan pengecekan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang
  • Melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan.
  • Melakukan pengecekan stok selama 2 bulan 
Berikut adalah video keseharian dari seorang kasir dalam melayani konsumen:


Pramuniaga :
Gambar 2. Pramuniaga
Pramuniaga
adalah seorang yang bekerja di sebuah toko, swalayan, atau perusahaan yang bergerak di bidang retail dengan tugas utama melayani konsumen di tempat tersebut. Karena tugas utama pramuniaga adalah untuk melayani konsumen, otomatis pramuniaga akan berhadapan langsung degan konsumen. Selain itu, pramuniaga memiliki beberapa tugas dan tanggungjawab lain yang harus dikerjakan yakni sebagai berikut:
  • Mendata produk, seperti yang kita ketahui barang-barang di supermarket diletakkan dan disusun dalam rak. Apabila ada barang kosong, maka tugas pramuniaga adalah melaporkan ke merchandiser. Oleh karena itu, seorang pramuniaga harus memiliki ketelitian yang tinggi.
  • Menata barang di rak, setelah barang dikeluarkan oleh staff gudang, seorang pramuniaga juga harus menyusun barang di rak, sebelum disusun pramuniaga juga memastikan produk sudah dilengkapi dengan label harga, dengan demikian seorang pramuniaga harus memiliki jiwa cekatan.
  • Menjaga kebersihan area penjualan, seorang pramuniaga toko juga harus memastikan kondisi toko dalam keadaan bersih dan rapi untuk membuat konsumen lebih nyaman ketika berbelanja.
  • Mengemas barang, sebagai konsumen pasti pernah menemukan produk yang disertai dengan hadiah. Biasanya hadiah tersebut ditempelkan di produk utama. Bagian menempelkan tersebut merupakan tugas dari pramuniaga yakni mengemas barang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau promosi.
  • Mempromosikan barang, seorang pramuniaga harus tampil percaya diri dan komunikatif. Karena salah satu tugasnya yakni mempromosikan barang, jika ada produk yang sedang promosi maka pramuniaga menawarkannya kepada konsumen.
  • Melayani Konsumen, para pramuniaga harus mengetahui produk-produk yang dijual. Selain itu, pramuniaga harus membantu konsumen seperti memilihkan dan memberikan informasi mengenai suatu barang ke konsumen.
Pramuniaga dapat kita jumpai di berbagai toko baik ritel modern maupun konvensional. Dalam menjalankan tugasnya, pramuniaga didalam toko terbagi menjadi beberapa bagian seperti penjaga toko dan juga area. Untuk lebih jelas dalam memahami perbedaannya silahkan melihat video berikut:

Sales Executive

Gambar 3. Sales Executive

Sales executive adalah orang yang bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan. Dalam peran ini, mereka juga dituntut untuk dapat mengembangkan strategi dan melibatkan tim lain di luar penjualan. Tugasnya yakni menjaga hubungan dengan pembeli besar, bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan, menjaga hubungan dengan pembeli besar. Selain itu, sales executive memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab lain yang harus dikerjakan yakni sebagai berikut:
  • Menjaga hubungan baik dengan pelanggan baru maupun retensi, hal ini dilakukan untuk menciptakan keinginan membeli kembali dari suatu produk tersebut.
  • Mempromosikan dan menjaga citra produk, seorang sales executive menjaga dan mempromosikan produk yang akan dijual untuk menarik keinganan konsumen untuk membeli produk tersebut, demikian juga seorang sales executive harus memiliki kreativitas tinggi untuk mengatur strategi yang akan digunakan.
  • Membuat rencana penjualan, seorang eksekutif penjualan membuat rencana penjualan produk untuk memudahkan proses penjualan dari produk akan didistribusikan kemana dan akan dijual dimana
  • Melakukan kegiatan prospek kepada calon pelanggan atau pembeli, hal ini dilakukan untuk menarik konsumen baru dari adanya potensi pasar yang sudah sesuai dengan kriteria target pasar yang dimilikinya.
Untuk membantu kamu memahaminya, berikut keseharian dari seorang sales executive:


Merchandiser

Gambar 4. Merchandiser
Merchandiser adalah seseorang yang mengatur tata letak produk agar menarik untuk dibeli oleh konsumen. Profesi ini memainkan peran kunci dalam retail, karena laba yang didapatkan oleh perusahaan dapat dipengaruhi oleh seberapa berhasilnya merchandiser ini mengelola pekerjaannya. Seorang merchandiser menetapkan harga dan merencanakan promosi, bahkan menurunkan harga jika perlu. Selain itu, merchandiser memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab lain yang harus dikerjakan yakni sebagai berikut:
  • Membeli barang dari produsen , merchandiser membeli barang secara rutin kepada produsen. Kunci keberhasilannya, yaitu menjaga jangka waktu pembayaran cukup lama. Tingkat persediaan dijaga cukup rendah melalui pemesanan ulang.
  • memeriksa produk yang dipajang, merchandiser memastikan produk yang dipajang dalam kondisi aman dan rapi selain itu hal ini dilakukan untuk memastikan stok produk kosong
  • khusus tata letak penjualan, seorang merchandiser mengatur tata letak produk yang akan dijual hal ini dilakukan untuk mempermudah konsumen dan juga pramuniaga dalam penataan produk yang akan dijual
  • Menganalisis trend market terhdap produk, seorang merchandiser juga menganalisis trend produk di pasaran hal ini dilakukan untuk mengetahui trend yang dapat mempengaruhi produk di pasaran
  • ahli strategi penjualan , seorang merchandiser membuat strategi penjualan dari setiap produk. Biasanya hal ini dilakukan untuk menghabiskan stok produk yang ada dan mengatsi produk sepi pembeli.
Untuk membantu kamu memahaminya, berikut keseharian dari seorang merchandiser:


Digital Marketer


Seorang yang bekerja sebagai digital marketing atau biasanya disebut digital marketer adalah pekerjaan bidang pemasaran namun menggunakan platform digital. Seorang digital marketer memiliki tanggung jawab dalam brand awareness suatu produk dan sebagai perantara untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Digital marketer menggunakan media seperti email, media sosial dan website dalam proses kerjanya.

Seorang digital marketer dibagi dalam beberapa uraian jabatan atau gambaran tugas yakni :
  • Content creator, bertugas menciptakan konten yang berkualitas untuk memudahkan penguna ataupun audiens mendapatkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam hal ini harus dipastikan konten yang dibuat menarik dan sesuai dengan target merket.
  • Social media marketing, bertugas menjangkau target pasar melalui platform sosial media. Seperti facebook, twitter, Linkedin, YouTube, tiktok, dlol.
  • Search Engine Optimization (SEO), bertugas melakukan pemasaran melalui mesin pencarian seperti google, yahoo, safari, dll. untuk pemasaran produk menggunakan situs web bisnis. Oleh karena itu seorang SEO harus paham penerapan optimasi SEO agar website ada di urutan pertama pencarian konsumen.
  • Affiliate marketing, metode pemasaran yang dilakukan untuk mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan atau menjual produk. Hal ini biasanya dikenal dengan influencer, untuk membantu memasarikan produk kepada konsumen. Bentuk affiliate marketing yang sedang populer yaitu endorsement dan paid promote.
Selain itu, merchandiser memiliki beberapa tugas dan tanggungjawab lain yang harus dikerjakan yakni sebagai berikut:
  • Merencanakan serta melaksanakan berbagai pengembangan yang berhubungan dengan konten digital perusahaan
  • Mendesain, mengembangkan, serta mempertahankan secara kontinuitas aktivitas di media sosial
  • Mengukur serta melaporkan kinerja aktivitas pemasaran digital dan membandingkan dengan target
  • Mengidentifikasi trend juga insights
  • Menjalankan brainstorming dengan berkala dalam menyusun strategi terbaru berkaitan dengan pemasaran secara online
  • Mengevaluasi berbagai teknologi, trend it, aplikasi yang sedang berkembang juga memberikan pemikiran perspektif dalam adopsi teknik pemasaran online
  • Mempunyai target juga evaluasi terukur, lewat channel iklan yang berbayar
Untuk membantu kamu memahaminya, berikut keseharian dari seorang digital markeeter:

Public Relation

Dalam dunia bisnis, fungsi humas kerap dikaitkan dengan marketing, padahal sangat berbeda. Sebagai profesi, bidang Humas nantinya membantu mendidik, memberikan infomasi, membangkitkan ketertarikan masyarakat, merencanakan strategi untuk meraih simpati hingga membuat masyarakat mengerti dalam situasi tertentu.

Seperti ketika perusahaan diterpa kasus tidak sedap yang mengancam citra baik, pihak humas nantinya akan memberikan edukasi dan berbagai upaya pada khalayak supaya tidak memberikan citra buruk tentangperusahaan mereka.Bidang ini akan menyusun berbagai strategi supaya mendapatkan simpati dan agar brand yang dibangun dengan susah payah tidak gelap begitu saja. Makanya pekerjaan humas nantinya akan berhubungan dengan pers dan tidak pernah lepas dari ilmu komunikasi.

Dengan demikian, public relation dapat didefinisikan sebagai penghubung perusahaan ataupun organisasi dengan masyarakat.yang memiliki tugas untuk merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan dan menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness pada klien. Selain itu, merchandiser memiliki beberapa tugas dan tanggungjawab lain yang harus dikerjakan yakni sebagai berikut:
  • Melakukan perencanaan strategi tentang publisikasi dan kampanye
  • Menulis dan memproduksi presentasi dan siaran pers
  • Menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari masyarakat, pers, dan organisasi terkait
  • Mengorganisir acara promosi seperti konferensi pers, opendays, pameran, wisata dan kunjungan
  • Berbicara secara terbuka di wawancara, konferensi pers dan presentasi
  • Memberikan dan menyediakan data informasi tentang peluang promosi baru dan kampanye PR kepada klien
  • Menganalisis liputan medi komisioning atau melakukan riset pasar yang relevan
  • Sebagai penghubung dengan klien, manajerial dan staf jurnalistik tentang anggaran, rentang waktu dan tujuan
  • Merancang, menulis dan / atau memproduksi presentasi, siaran pers, artikel, leaflet, jurnal, laporan, brosur publisitas, informasi untuk situs web dan video promosi
Lebih baru Lebih lama